Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Perdagangan Bebas


    Perdagangan bebas (free trade) merupakan perpindahan barang dan jasa di antara negara-negara tanpa ada hambatan politik atau ekonomi.

    Di Era globalisasi dalam lingkup perdagangan bebas antar negara, banyak para ahli ekonomi yang berpendapat bahwa perdagangan bebas membawa dampak positif dan negatif. Globalisasi menunjukkan adanya pergeseran ke arah perekonomian dunia yang terintegrasi dan ada saling ketergantungan.

    Globalisasi pasar menunjukkan pada pertumbuhan pasar dari yang bersifat nasional menjadi pasar yang lebh besar. Globaliasai produksi menunjukkan sumber daya barang dan jasa/layanan yang berasal dari lokasi yang ada disekitar negaranya ke negara lain memiliki keunggulan baik dalam harga dan kualitas.

    Adaa empat orang yang ahli dalam pengembangan teori perdagangan bebas yaitu

    • Adam Smith
    • David Ricardo
    • Eli Heckscher
    • Bertil Ohlin

    Keempat orang tersebut terkenal dengan Teori Smith , Teori Ricardo, dan Teori Heckscher-Ohlin.
    Ketiga teori tersebut menyatakan bahwa ada manfaat yang dapat diperoleh dalam perdagangan bebas. Perdagangan bebas bermanfaat karena dalam perdagangan bebas memungkinkan suatu negara melakukan spesialisasi dalam menghasilkan dan mengekspor produk tertentu yang dapat dihasilkan secara lebih efisien.


    Teori Perdagangan Bebas


    Teori Merkantilisme 


    Adalah teori yang muncul di Inggris di pertengahan abad ke-16. Dalam teori ini surplus perdagangan dengan ekspor yang lebih besar dari pada impor

    Teori ini menyatakan bahwa perdagangan bebas adalah zero - sum game ini di serang oleh Adam smith. Smith mengatakan bahwa negara memilik perbedaan dalam menghasilkan produk secara efesien misalnya Inggris Memiliki keunggulan dalam penghasilkan tekstil sedangkan perancis penghasilkan anggur.

    Teori Keunggulan Absolut 


    Teori ini menyatakan dan menyarankan bahwa negara harus melakukan spesialisasi dalam menghasilkan produk di negaranya dan mengimpor produk yang dihasilkan oleh negara lain yang memiliki keunggulan. 

    Yang dimaksud Keunggulan Absolut disini adalah sebuah Negara yang dapat menciptkan sebuah produk yang diproduksi secara efisien daripada Negara lain yang menghasilan produk serup

    Teori Keunggulan Komparatif


    Teori ini memilik strategi menciptakan dalam menghasilkan produk yang dapat diproduksi secara lebih efisien daripada negara lain dan membeli jenis produk lain ke negara lain yang mampu menghasilkannya secara lebih efisien.

    Teori Heekscher-Ohlin,


    yang menyatakan bahwa negara akan memgekspor produk yang menggunakan faktor pendukung berlebihan dan akan mengimpor produk yang menggunakan faktor pendukung yang kurang.

    Teori Siklus Hidup Produk,


    Yang menyatakan bahwa model perdagangan dipengaruhi oleh produk baru yang diperkenalkan. Dalam perekonomian yang terintegrasi, teori tersebut dinilai kurang dapat memprediksi perdagangan bebas

    Teori perdagangan baru


    Yang menyatakan bahwa perdagangan mendorong negara - negara untuk  mengadakan spesialis dalam memproduksi barang - barang tertentu , mendapatkan skala ekonomi dan mengurangi biaya produksi dan membeli barang yang tidak dihasilkan negara lain yang mememiliki spesilalis yang sama.

    Teori ini juga menyatakan bahwa perusahaan atau Negara akan mengekspor produk tertentu saja dan mengimpor produk tertentu juga

    Nah itu dia penjelasan Mengenai Teori Perdagangan Bebas semoga bermanfaat.

    Post a Comment for "Teori Perdagangan Bebas"