Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Tepat dan Benar

     

    Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Tepat dan Benar


    Cara Membuat Surat Lamaran Kerja – Dalam mencari sebuah pekerjaan, tentu saja tidak akan jauh-jauh dari surat lamaran kerja. Hal ini sangat dibutuhkan karena menjadi bukti bahwa Anda benar-benar berniat untuk bekerja pada perusahaan atau tempat tersebut.

    Karena menjadi hal yang sangat penting, tentu saja banyak hal yang harus disiapkan saat melakukan lamaran. Seperti kelengkapan berkas-berkas dan juga pembuatan surat lamaran kerja. Nah, berikut ini adalah cara membuat surat lamaran kerja yang bisa Anda contoh :

     Menyiapkan Berkas yang Harus dilampirkan

    Sebelum Anda membuat lamaran kerja, siapkan terlebih dahulu beberapa data yang dibutuhkan saat melamar. Misalnya saja, KTP, Ijazah, Pas Foto Terbaru, Daftar Riwayat Hidup atau CV dan lainnya.

    Biasanya, setiap perusahaan akan memberikan persyaratan yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Dalam hal ini, silahkan pahami terlebih dahulu tentang syarat-syarat yang harus ada saat melakukan lamaran.

    Jangan sampai Anda melewatkan satu hal saja, karena itu bisa menjadi pertimbangan apakah Anda akan diterima atau tidak.

    Format Membuat Surat Lamaran Kerja

    Surat lamaran kerja merupakan surat yang menggunakan bahasa baku. Oleh sebab itu, dalam membuat surat ini tidak bisa sembarangan dan terdapat beberapa urutannya. Hal ini bertujuan agar surat Anda mampu dipahami dengan mudah oleh perusahaan yang Anda lamar.

    Nah, inilah urutan format pembuatan surat lamaran kerja yang baku dan sopan :

    1.       Tanggal dan Tempat

    Bagian pertama surat, tulislah tanggal pembuatan surat dan tempat Anda menuliskan surat tersebut. Hal ini bertujuan agar HRD mengetahui tempat tinggal Anda dan bisa mempertimbangkan untuk menerima atau menolak Anda.

    2.       Tujuan surat, nama dan alamat perusahaan

    Setelah menulis tanggal dan tempat, maka lanjutkan dengan menuliskan tujuan dari pembuatan surat tersebut. Sampaikan tujuan Anda untuk melamar pekerjaan dalam bidang yang sedang dicari oleh perusahaan.

    Sertakan pula nama dan alamat perusahaan yang sedang Anda lamar dengan menuliskan “Yth.” dan dilanjutkan dengan nama serta alamat perusahaan dengan benar.

    3.       Salam pembuka dan kata pengantar

    Tulislah salam pembukaan secara singkat namun tetap sopan. Dalam surat lamaran, jelaskan dari mana Anda mengetahui lowongan pekerjaan itu.

    4.       Data diri

    Data diri yang Anda tulis tidak harus panjang dan terlalu lengkap. Anda cukup menuliskan nama, tempat tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nomor telepon, email, dan juga pendidikan terakhir Anda.

    5.       Keahlian dan pengalaman kerja

    Tuliskan secara singkat mengenai keahlian yang Anda miliki dan juga beberapa pengalaman kerja yang telah Anda lakukan sebelumnya. Hal ini akan menjadi perhatian yang penting untuk membuat perusahaan yakin dengan kemampuan yang Anda miliki.

    Karena sangat penting, pastikan bahwa Anda tidak menulis sesuatu yang salah dan membuat HRD merasa ragu ya!

    6.       Penutup

    Pada tahapan penutup silahkan menulis harapan kepada perusahaan yang Anda lamar agar lamaran yang telah Anda kirim mendapat respon yang positif. Anda bisa menuliskan harapan dan keinginan agar dapat bergabung dengan perusahaan tersebut.

    7.       Salam dan tanda tangan

    Pada akhir surat lamaran, silahkan menulis kalimat salam dan juga berikan tanda tangan pada bagian pojok kanan bawah. Pada bagian bawah tanda tangan, tulislah nama lengkap Anda sebagai tanda bahwa Anda benar-benar menulis surat tersebut.

    8.   Contoh Surat Lamaran






    9.   Contoh CV


    curriculum vitae


    curriculum vitae



    Itulah ulasan mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang telah kami rangkumkan dengan ringkas dan lengkap untuk Anda. Semoga Anda merasa tertolong dengan adanya artikel yang telah kami buat.


     

    1 comment for "Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Tepat dan Benar"