Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Tepat dan Benar
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja – Dalam mencari sebuah pekerjaan,
tentu saja tidak akan jauh-jauh dari surat lamaran kerja. Hal ini sangat
dibutuhkan karena menjadi bukti bahwa Anda benar-benar berniat untuk bekerja
pada perusahaan atau tempat tersebut.
Karena menjadi hal yang sangat penting, tentu saja banyak hal yang harus disiapkan saat melakukan lamaran. Seperti kelengkapan berkas-berkas dan juga pembuatan surat lamaran kerja. Nah, berikut ini adalah cara membuat surat lamaran kerja yang bisa Anda contoh :
Menyiapkan Berkas yang Harus dilampirkan
Sebelum Anda
membuat lamaran kerja, siapkan terlebih dahulu beberapa data yang dibutuhkan
saat melamar. Misalnya saja, KTP, Ijazah, Pas Foto Terbaru, Daftar Riwayat
Hidup atau CV dan lainnya.
Biasanya,
setiap perusahaan akan memberikan persyaratan yang berbeda-beda sesuai dengan
apa yang mereka butuhkan. Dalam hal ini, silahkan pahami terlebih dahulu
tentang syarat-syarat yang harus ada saat melakukan lamaran.
Jangan sampai Anda melewatkan satu hal saja, karena itu bisa menjadi pertimbangan apakah Anda akan diterima atau tidak.
Format Membuat Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran
kerja merupakan surat yang menggunakan bahasa baku. Oleh sebab itu, dalam membuat
surat ini tidak bisa sembarangan dan terdapat beberapa urutannya. Hal ini
bertujuan agar surat Anda mampu dipahami dengan mudah oleh perusahaan yang Anda
lamar.
Nah, inilah
urutan format pembuatan surat lamaran kerja yang baku dan sopan :
1. Tanggal dan Tempat
Bagian pertama
surat, tulislah tanggal pembuatan surat dan tempat Anda menuliskan surat
tersebut. Hal ini bertujuan agar HRD mengetahui tempat tinggal Anda dan bisa
mempertimbangkan untuk menerima atau menolak Anda.
2. Tujuan surat, nama dan alamat perusahaan
Setelah
menulis tanggal dan tempat, maka lanjutkan dengan menuliskan tujuan dari
pembuatan surat tersebut. Sampaikan tujuan Anda untuk melamar pekerjaan dalam
bidang yang sedang dicari oleh perusahaan.
Sertakan pula
nama dan alamat perusahaan yang sedang Anda lamar dengan menuliskan “Yth.” dan
dilanjutkan dengan nama serta alamat perusahaan dengan benar.
3. Salam pembuka dan kata pengantar
Tulislah salam
pembukaan secara singkat namun tetap sopan. Dalam surat lamaran, jelaskan dari
mana Anda mengetahui lowongan pekerjaan itu.
4. Data diri
Data diri yang
Anda tulis tidak harus panjang dan terlalu lengkap. Anda cukup menuliskan nama,
tempat tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nomor telepon, email, dan juga
pendidikan terakhir Anda.
5. Keahlian dan pengalaman kerja
Tuliskan
secara singkat mengenai keahlian yang Anda miliki dan juga beberapa pengalaman
kerja yang telah Anda lakukan sebelumnya. Hal ini akan menjadi perhatian yang
penting untuk membuat perusahaan yakin dengan kemampuan yang Anda miliki.
Karena sangat
penting, pastikan bahwa Anda tidak menulis sesuatu yang salah dan membuat HRD
merasa ragu ya!
6. Penutup
Pada tahapan
penutup silahkan menulis harapan kepada perusahaan yang Anda lamar agar lamaran
yang telah Anda kirim mendapat respon yang positif. Anda bisa menuliskan
harapan dan keinginan agar dapat bergabung dengan perusahaan tersebut.
7. Salam dan tanda tangan
Pada akhir
surat lamaran, silahkan menulis kalimat salam dan juga berikan tanda tangan
pada bagian pojok kanan bawah. Pada bagian bawah tanda tangan, tulislah nama
lengkap Anda sebagai tanda bahwa Anda benar-benar menulis surat tersebut.
8. Contoh Surat Lamaran
Itulah ulasan mengenai cara
membuat surat lamaran kerja yang telah kami rangkumkan dengan ringkas dan
lengkap untuk Anda. Semoga Anda merasa tertolong dengan adanya artikel yang
telah kami buat.
Makasih ka Informasinya
ReplyDelete