Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Algoritma TikTok yang belum banyak orang ketahui



    Cara Kerja Algoritma TikTokPada awalnya, jejaring social hanya digunakan untuk membuat orang merasa terhubung dengan orang lain dan untuk memfasilitasi akses informasi. Namun dewasa ini, perkembangan media social semakin pesat, tidak hanya digunakan sebagai alat komunikai dan mengakses infomasi saja.

    Media sosial saat ini juga digunakan sebagai sarana self expression dan self branding. Bahkan, media sosial mendorong banyak orang untuk membuat karya menyalurkan minat, bakat, menjual atau bahkan hanya untuk bersenang-senang. Berbagai platform media social bermunculan dan diminati oleh masyarakat luas meramaikan dunia maya.

    Saat ini tercatat sekitar 30% dari jumlah penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial melalui ponsel mereka.

    Salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah aplikasi Tiktok. Tiktok telah menjadi aplikasi populer di seluruh dunia dengan memuat berbagai jenis konten seperti hiburan, pendidikan, digital marketing, informasi, motivasi hingga penjualan dengan tampilan yang menarik.

    Beberapa pengguna aplikasi Tiktok bahkan menjadi viral dan terkenal hingga banyak mendapatkan penghasilan. Viralnya postingan konten video Tiktok ditentukan oleh perhitungan algoritma dari aplikasi Tiktok, dengan memahami algoritma Tiktok ini diharapkan dapat menangani dan meningkatkan peluang keberhasilan postingan di platform media sosial Tiktok.

    Algoritme Tiktok adalah sistem rekomendasi yang menentukan video mana yang akan muncul di halaman For You Page (FYP). Setiap pengguna tidak akan pernah menonton video yang sama pada halaman For You Page (FYP), dan video yang anda tonton dapat berubah dari waktu ke waktu tergantung pada preferensi tontonan anda.

    Maka, jika Anda ingin video konten Anda viral, mulailah dengan memahami cara kerja algoritme dan faktor-faktor yang memengaruhi jangkauan audiens di aplikasi Tiktok. Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja algoritma platform media sosial Tiktok, antara lain :

    1. Interaksi Dengan Pengguna

    Platform Tiktok mempunyai perhitungan algoritma yang hampir sama dengan instragram, yaitu bekerja berdasarkan interaksi dengan penggunanya. Algoritma TikTok menampilkan postingan dari pengguna yang mereka gunakan. Jika ada akun tertentu yang sering berinteraksi dengan mereka, mereka cenderung melihat konten dari akun tersebut.

    Hal yang sama berlaku untuk video yang cenderung paling mereka sukai dan bagikan. Namun, metric peringkat terkuat dalam kategori ini adalah rasio penyelesaian video. Ini berarti bahwa jika pengguna menonton seluruh video, kemungkinan besar akan didorong untuk penayangan lebih lanjut ke penonton lain, dibanding dengan video yang ditonton audiens selama satu atau dua detik.

    Hal ini berarti untuk pengguna yang ingin video kontennya viral, harus membuat video yang menarik perhatian penonton hingga akhir adalah kunci untuk masuk ke halaman For You Page Tiktok, seperti halnya halaman Explore Instagram. Pembuat konten yang tidak hanya bisa menarik perhatian di awal tetapi bisa menjaga ketertarikan pengguna untuk menonton sampai habis.

    2. Informasi Video

    Jika algoritme interaksi pengguna didasarkan pada cara anda berinteraksi dengan pengguna lain di aplikasi, algoritme informasi video didasarkan pada apa yang cenderung anda cari di tab Penelusuran. Ini bisa dalam bentuk suara, tagar, efek, atau topic yang sedang hangat (trending).

    Jadi, jika pengguna sering mencari tagar tertentu atau menikmati konten dengan suara tertentu, mereka cenderung menonton video dengan tagar dan suara yang sama. Oleh karena itu, dalam pembuatan video konten anda harus memperhatikan hal-hal tersebut agar video yang telah anda buat terdapat pada laman For You Page.

    Jadi tidak ada salahnya jika anda menghabiskan waktu ekstra untuk mengedit konten video TikTok yang ingin anda unduh  agar menjadi lebih menarik.

    3. Pengaturan Akun

    Hal yang tidak kalah penting dalam membuat konten video anda viral adalah pengaturan akun. Bahkan, jika pembuat konten telah membuat konten video yang menarik dan mengoptimalkan video sebanyak mungkin, video yang dihasilkan masih sulit untuk mencapai rekomendasi FYP. Ini karena Tiktok menggunakan pengoptimalan kinerja video, yang lebih berfokus pada metrik satu kali daripada keterlibatan pengguna atau informasi video.

    Sehingga dapat dipahami bahwa pengaturan akun dan perangkat yang juga termasuk kedalam algoritma Tiktok. Beberapa pengaturan akun dan perangkat yang termasuk algoritma Tiktok yaitu, lokasi pengguna, preferensi bahasa, dan jenis perangkat juga berperan saat mereka mengoptimalkan pengalaman menonton.

     Dengan kata lain, TikTok memungkinkan anda menjangkau pemirsa global, tetapi Tiktok juga akan menampilkan video yang dibuat oleh orang-orang di wilayah mereka kepada pengguna.

    Pada dasarnya, algoritma Tiktok sangat dinamis, dapat berubah setiap saat, berkembang dan bahkan menjadi lebih baik di masa depan. Namun untuk saat ini, memahami bagaimana algoritma Tiktok bekerja dan apa yang harus dilakukan untuk menjangkau audiens yang lebih luas bisa menjadi titik balik popularitas video, itu semua tergantung pada minat penonton konten serta tanggapan yang positif terhadap suatu video memberitahu algoritme untuk menampilkan video tersebut kepada lebih banyak audiens.

    cukup sekian artikel dari saya semoga bermanfaat, tetap semangat buat semua contet creator tikto dan lainnya

    Post a Comment for "Cara Kerja Algoritma TikTok yang belum banyak orang ketahui"