Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Laptop Lemot yang terbukti berhasil 2022

    Cara mengatasi laptop lemot - yang akan dibahas pada artikel ini akan bisa anda coba lakukan ketika perangkat laptop anda mengalami gangguan berupa penurunan performa kecepatan akses. Jika Kinerja laptop anda menjadi melambat dan tidak secepat saat pertama kali digunakan, maka hal itu menandakan bahwa laptop sudah mulai lemot karena beberapa gangguan.

    Hampir Sama halnya dengan berbagai produk elektronik selainnya, semakin lama digunakan –khususnya jika sudah bertahun-tahun sebuah  laptop biasanya akan bermasalah dan bahkan melambat, khususnya jika tidak pernah dirawat dengan baik. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas kerja anda, serta akan sangat menjengkelkan karena menurunkan kerja produktivitas Anda sehari-harinya.

    Hal yang menjadi Penyebab laptop anda lemot bisa sangat beragam. Bisa saja karena usia pemakaian dari laptop anda yang sudah sangat lama, kapasitas RAM terbatas, terlalu banyak file dan program yang berjalan bersamaan dalam satu waktu, memori penyimpanan hardisk yang hampir penuh, browser yang kelebihan beban, terkena serangan virus, dan masih banyak lagi.

    Jika Anda sudah mengetahui hal yang menyebababkan laptop anda lemot ketika digunakan, maka anda perlu menyimak cara mengatasi laptop lemot berikut ini, sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah perangkat laptop baru.

    1. Gunakanlah software yang sesuai spek laptop Anda

    Untuk mencegah kinerja laptop anda menjadi melambat, anda perlu memilih aplikasi atau software dengan standar spesifikasi yang sesuai dan cocok dengan laptop Anda. Anda tentunya sudah mengetahui tentang spesifikasi laptop yang anda miliki, apakah memang hanya dikhususkan untuk aplikasi ringan, maupun bisa menampung aplikasi berat.

    Jika anda adalah seorang pegawai biasa, maka anda hanya butuh dengan berbagai aplikasi ringan kantoran; namun jika anda adalah seorang gamers, desainer, editor foto dan video, maka anda pastinya akan butuh aplikasi berat dengan spesifikasi besar. Tentunya, spesifikasi laptop yang anda butuhkanpun lebih dari pegawai biasa.

    2. Menghapus file maupun aplikasi yang Jarang atau tidak terpakai

    Menghapus berbagai file, software, program, dan data lainnya yang sudah tidak dibutuhkan secara berkala akan sangat efektif untuk meringankan beban kinerja pada RAM laptop anda.

    Untuk bisa memeriksa dan menghapus file sampah hingga tidak bersisa sama sekali, Anda bisa membersihkan berbagai file tersebut dari semua drive, khususnya dari drive C. Periksalah satu atau lebih area pad hard drive dengan cara membuka fitur "File Explorer">"This PC" >direktori C.

    3. Bersihkan cache Laptop secara berkala

    File sampah berupa Cache dan juga cookies didalam sebuah perangkat laptop haruslah anda bersihkan secara berkala, agar file-file bekas jelajah tersebut tidak membuat kinerja laptop anda menjadi berat, serta agar laptop anda menjadi lebih ringan dan lancar digunakan.

    Caranya pun sangat mudah, anda tinggal buka windows explorer, kemudian klik kanan pada ikon gambar drive di hard disk anda, misalnya ikon Drive C atau drive D > Properties > tab General > Disk Cleanup. Hal ini untuk membersihkan semua cache ataupun temporary files yang sudah menumpuk.

    4. Manfaatkan Memori penyimpanan cloud Online

    Penyimpanan cloud online atau cloud storage bisa juga menjadi alternatif bagi anda yang memiliki laptop dengan kapasitas penyimpanan hard disk internal yang sangat kecil. Selain akan berfungsi untuk tempat penyimpanan berbagai file, cloud storage online juga bisa anda gunakan untuk bisa berbagi file dengan orang lain, dengan cara yang lebih cepat dan praktis.

    Ada banyak Rekomendasi layanan penyimpanan online atau cloud storage yang bisa anda gunakan, misalnya yaitu:

    • 1) iCloud;
    • 2) OneDrive;
    • 3) Dropbox;
    • 4) GoogleDrive;
    • 5) MediaFire;
    • 6) AmazonDrive, dll.

    5. MengInstall antivirus

    Serangan Virus pada laptop atau komputer sangat banyak terjadi, misalnya spyware, virus berbentuk adware, virus malware dan lain sebagainya yang kemudian menyebabkan laptop anda menjadi sangat lemot. Dengan anda menginstall sebuah antivirus –nmeskipun hanya versi gratis-, maka semua resiko serangan virus tersebut bisa diminimalisir.

    6. Menambah Kapasitas RAM

    Cara efektif untuk mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan anda menambah kapasitas RAM laptop anda. Umumnya, saat ini sebuah laptop hanya dibekali dengan RAM standar, yaitu 2-4 GB saja. Jika kerja anda sangat banyak dalam waktu bersamaan, maka Anda bisa menambah RAM laptop anda menjadi 8GB, agar ia bisa multitasking dengan tugas yang banyak .

    7. Mengupgrade ke Jenis memori SSD

    Selain menambah kapasitas pada RAM, upgrade pada HDD laptop ke jenis SSD (solid-state drive) yang juga sangat diperlukan saat Anda kurang bisa menghapus hard drive anda secara berkala.

    Meskipun harganya terbilang sangat mahal, namun dengan mengganti memori HDD ke SSD, anda sudah menempuh cara ampuh untuk bisa mengatasi laptop anda yang lemot. memori SSD akan membantu laptop anda –khususnya pada proses booting- menjadi lebih cepat serta sangat minim resiko kerusakan.

    diatas adalah tutorial yang efektif untuk mengatasi laptop kamu yang lemot, silahkan dicoba dan semoga bisa berhasil 


     


    Post a Comment for "Cara Mengatasi Laptop Lemot yang terbukti berhasil 2022"