Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Menjadi Dropshipper pada tahun 2022

    6 Cara Menjadi Dropshipper pada tahun 2022


    Cara Menjadi Dropshipper | Mungkin anda Pernah berpikir untuk mencoba ide bisnis dan usaha online dengan menjadi seorang dropshipper, namun anda tidak tahu bagaimana langkah memulainya? Atau juga Anda sangat tertarik mencoba menghasilkan uang melalui internet dengan cara menjalankan usaha  dropshipper namun belum paham bagaimana konsepnya?

    Apa Arti Dropshipper ?

    Dropship adalah sebuah sistem bisnis penjualan barang di mana seorang dropshipper menjual produk dari pihak supplier kepada pembeli tanpa perlu menyetok barangnya terlebih dulu. Semua Proses pengemasan dan juga pengiriman barang ke pelanggan nantinya akan dilakukan oleh pemasok, akan tetapi menggunakan nama dropshipper.

    Dropshipper adalah sebutan bagi pihak yang berperan sebagai penjual yang menjadi perantara yang menghubungkan konsumen dan pemasok suatu barang dalam sebuah proses jual-beli produk atau barang.

    Cara kerja dropshipper adalah:

    1. Anda menjual sebuah produk dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang dari supplier
    2. Pelanggan akan membeli produk tersebut kepada Anda dengan harga yang di dalamnya sudah termasuk keuntungan anda.
    3. Anda kemudian memesan barang dan produk kepada supplier.
    4. Pihak Supplier mengirimkan barang dan produk tersebut kepada pelanggan dengan harga dari anda.
    5. Anda menerima keuntungan dari selisih harga supplier dan harga beli pelanggan.

    Cara Menjadi Dropshipper

    Berikut cara menjadi dropshipper adalah sebagai berikut:

    1. Pilihlah jenis produk yang akan anda jual

    Sebelum anda terjun ke dalam dunia bisnis sebagai dropshipper, Anda harus sudah tahu jenis barang apa yang akan anda jual. Jangan pernah asal-asalan dalam memilih produk barang hanya karena Anda tertarik dan ingin menjualnya.

    Sebab, Anda juga perlu tahu dulu terlebih dahulu respon dan kebutuhan pelanggan terhadap barang yang menjadi target pasar Anda. Cari tahu terlebih dahulu kebutuhan dan permasalahan konsumen di sekitar anda, kemudian pilih produk dan barang yang dibutuhkan para pelanggan tersebut.

    2. Risetlah dan tentukan Calon supplier

    Setelah anda menentukan produk seperti apa yang akan anda jual, selanjutnya anda perlu melakukan riset untuk mencari dan menentukan calon supplier yang tepat bagi anda. Kumpulkan sebanyak mungkin data mengenai beberapa supplier di sekitar anda terlebih dulu, kemudian lihat perbandingan harga dan kualitas layanannya kepada konsumen.

    Dalam hal ini, anda perlu mengamati kredibilitas, tingkat layanan, dan juga kualitas produk yang mereka tawarkan kepada anda, termasuk juga harga produknya dibandingkan dengan supplier lainnya.

    3. Survey Harga Pasar dan Tetapkan harga Barang

    Jika Anda sudah mengetahui jenis  produk apa yang akan anda jual dan juga sudah menemukan supplier yang pas bagi Anda, maka sekarang saatnya untuk Anda melakukan survey harga pasaran kemudian menetapkan harga jual anda pada produk tersebut.

    Lakukan riset dengan baik dan cari tahu mengenai perbandingan harga barang yang akan anda jual, dengan harga jual para dropshipper lainnya.

    Hindari memberikan harga jual yang terlalu murah, karena nantinya hal itu akan menjadikan bisnis dropshipper Anda menjadi kurang menguntungkan. Akan tetapi, hindari juga menentukan harga jual yang terlalu tinggi dari dropshipper lainnya, karena nantinya Anda akan kalah pasaran harga dengan dropshipper kompetitor anda.

    4. Buatlah website atau blog untuk bisnis dropshipper Anda

    Saat sekarang ini, dengan semakin menjamurnya berbagai perusahaan bisnis e-commerce, sangat banyak konsumen yang lebih memilih untuk mencari barang dan juga melakukan riset untuk mendapatkan informasi mengenai sebuah barang secara online, sebelum mereka membeli produk tersebut.

    Oleh sebab itu, jika anda memutuskan untuk memulai bisnis dropshipper anda secara serius, maka membuat website adalah salah satu strategi yang cukup efektif.

    5. Promosikan Barang Jualan Anda Di Media Sosial

    Promosi barang di media social adalah salah satu cara efektif untuk anda mempromosikan semua barang bisnis droshipper Anda. Dengan menggunakan strategi promosi di media social, anda akan lebih hemat biaya promosi dan juga bisa dengan sangat mudah menjangkau calon konsumen di berbagai tempat di sekitar anda.

    6. Menjual produk Anda melalui marketplace

    Selain dengan cara promosi di media sosial, Anda juga bisa mencoba memulai memanfaatkan marketplace toko online besar, misalnya shopee, tokopedia, dan lain-lain. Sebab, Beberapa toko online marketplace e-commerce seperti Shopee, sudah menyediakan fitur yang membantu dan memungkinkan Anda untuk langsung memulai bisnis menjadi dropshipper.

    Akan tetapi, sebelum anda memilih untuk memulai usaha bisnis dropshipper melalui marketplace e-commerce seperti shopee, Anda juga wajib mencari terlebih dahulu toko online yang akan menjadi pemasok atau supplier anda di marketplace tersebut.

    Jika sudah menemukan toko supplier, maka Setelah anda memasang iklan ataupun mempromosikan berbagai produk, kemudian ada pembeli yang memesan barang melalui anda, maka Anda bisa mencari barang tersebut di marketplace supplier anda, kemudian checkout barang tersebut.

    Setelah itu, saat akan melakukan pengiriman, gunakan fitur kirim sebagai dropshipper, maka nama toko supplier anda akan berubah menjadi nama toko anda, dengan harga yang juga menggunakan harga dari anda.

    Post a Comment for "6 Cara Menjadi Dropshipper pada tahun 2022"