Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Menjadi Reseller ditahun 2022

    Cara Menjadi Reseller | Selama masa pandemi seperti sekarang ini, ide untuk memulai usaha dan bisnis tanpa modal menjadi salah satu alternatif sumber pemasukan yang sangat dicari oleh banyak orang. Salah satu bentuk usaha tersebut yang paling banyak dipilih ialah menjadi seorang reseller berbagai produk.

    Menjadi seorang reseller memang merupakan salah satu bentuk usaha yang paling menguntungkan dan paling mudah dilakukan, khususnya untuk memulai sebuah usaha tanpa modal. Reseller sendiri merupakan salah satu jenis usaha yang bisa anda lakukan hanya bermodalkan smartphone dan media sosial.

    Nantinya, Anda akan menjual berbagai produk dari pihak supplier, kepada para calon pelanggan yang sudah ditargetkan sebelumnya. Untuk menjadi seorang reseller, berikut cara menjadi reseller yang perlu anda ketahui, yaitu:

    1. Menentukan Produk yang akan dijual

    Jika Anda ingin seorang reseller penjual sebuah produk atau barang, maka Anda perlu mencari tahu dan menentukan terlebih dahulu jenis produk apa yang akan anda jual.  Anda juga perlu menimbang Apakah kualitas produk pilihan anda tersebut sangat layak untuk dijual serta apakah ia sangat dibutuhkan oleh para konsumen di sekitar anda.

    Ketepatan pemilihan produk yang akan dijual menjadi kunci utama kesuksesan seseorang saat menjadi seorang reseller produk apapun. Pertimbangkan juga besaran harga sebuah harga produk dengan daya beli masyarakat sekitar anda.

    2. Mempelajari Tingkat Persaingan Pasar Sebuah Produk

    Salah satu kunci sukses menjadi reseller adalah dengan mempelajari tingkat persaingan dari produk yang akan anda jual tersebut. Anda perlu mempelajari seberapa banyak dan tinggi tingkat persaingan sebuah produk di sekitar anda.

    Sebab, biasanya para suppliers tidak akan menerima banyak reseller yang akan bermitra untuk menjual produknya pada daerah yang sama.

    3. Mencari Pihak Supplier yang Tepat

    Jangan pernah anda sembarangan dalam memilih dan menentukan supplier, karena nantinya hal itu akan menjadi bumerang sendiri bagi usaha anda ke depannya. Selain melihat tingkat kelayakan dan juga kualitas sebuah produk, melihat bagaimana tingkat pelayanan supplier kepada para mitranya dalam berkomunikasi, tingkat kecepatan tanggapan dari seorang supplier saat dibutuhkan, dan berbagai hal lainnya dalam pelayanan mereka sangat perlu juga anda periksa dan pertimbangkan .

    Hal ini akan sangat membantu tingkat kepercayaan para konsumen kepada usaha reseller anda, yang nantinya juga akan mempercepat perkembangan usaha anda.

    4. Layani Setiap Konsumen Dengan Baik

    Pelayanan yang sangat baik dan memuaskan para pelanggan akan membantu mempertahankan tingkat kepercayaan konsumen kepada usaha reseller Anda. Sebab jika tidak, maka bisa dipastikan bahwa pelanggan anda hanya datang sekali dan tidak akan kembali lagi.

    Pelayanan yang tanggap dan sangat penuh dengan keramahan akan membentuk ikatan tersendiri antara anda dan pelanggan anda, yang kemudian akan membuat mereka kembali lagi melakukan pemesanan produk melalui anda.

    5. Selalu Memperbaharui Produk

    Anda perlu konsisten dan juga disiplin dalam memperbaharui jenis dan stok produk yang Anda jual. Selain itu, anda juga perlu menguasai informasi lengkap mengenai semua produk yang anda jual. Sebab, sajian informasi lengkap tentang sebuah produk yang anda sampaikan kepada pelanggan anda akan menjadi penarik tersendiri bagi para pelanggan untuk datang kembali.

    6. Menjual Secara Online

    Membuka penjualan online berbentuk online shop bagi seorang reseller akan menjadi cara penjualan yang paling efektif dan juga mudah. Anda bisa menggunakan berbagai media social yang anda miliki, atau juga bisa dengan membuat sebuah blog maupun website sebagai lapak online utama semua produk jualan anda.

    7. Evaluasi Berkala Tingkat Penjualan

    Saat Anda menjadi seorang reseller, maka anda harus rajin dan rutin dalam melakukan pemeriksaan dan evaluasi tingkat penjualan usaha reseller anda secara berkala. Hal ini akan sangat berguna untuk mengembangkan bisnis Anda agar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

    Dalam hal ini, Anda bisa melakukan pemeriksaan tingkat penjualan Anda dalam waktu satu bulan, setiap minggu, atau bahkan setiap harinya. Hal ini agar anda dapat mengetahui Apakah terjadi kenaikan atau pun penurunan dalam usaha anda, yang kemudian akan memungkinkan anda menemukan berbagai masalah sekaligus solusinya dalam waktu yang cepat.

    8. Mengelola KeUangan dengan Baik

    Agar anda menjadi seorang reseller sukses, maka melakukan pengelolaan keuangan dengan baik dari hasil penjualan adalah salah satu poin penting yang tidak boleh anda abaikan. Pastikan bahwa Anda sudah melakukan usaha terbaik dalam pengelolaan setiap jumlah uang yang Anda dapatkan dari usaha anda menjadi seorang reseller.

    Anda bisa juga menabung semua keuntungan yang sudah Anda punya, ataupun menggunakan keuntungan tersebut sebagai modal untuk meningkatkan skala usaha anda dengan cara membuka usaha lainnya.

    Jika hal ini anda lakukan dengan sangat baik, maka Dengan begitu perlahan-lahan anda tidak akan perlu lagi untuk bergantung kepada seorang supplier. Sebab, akan akan sampai pada titik dimana Anda sudah bisa melakukan pemesanan barang langsung dengan jumlah keuntungan yang tentunya akan lebih besar.

    Post a Comment for "8 Cara Menjadi Reseller ditahun 2022"