Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Film Tentang Kemerdekaan Indonesia yang Wajib Anda Tonton

     

    15 Film Tentang Kemerdekaan Indonesia yang Wajib Anda Tonton

    15 Film Tentang Kemerdekaan IndonesiaFilm tentang kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk merayakan HUT RI. Dalam film kemerdekaan tersebut kamu bisa mempelajari sejarah Indonesia, biografi tokoh pejuang nasional, serta juga bisa membangkitkan jiwa nasionalisme.

    Sebenarnya sejak dari dulu produser film Indonesia sudah banyak memproduksi film bertemakan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bahkan hampir setiap tahunnya film bertemakan sejarah ini diproduksi untuk kembali mengingatkan generasi bangsa tentang perjuangan pahlawan kemerdekaan.

    Hal ini sejalan dengan petuah lama yang mengatakan bahwasanya Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah. Hal inilah yang mungkin produser perfilman pertahankan, supaya para generasi bangsa Indonesia selalu mengingat dan tahu sejarah kemerdekaan Negeri.

    Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Indonesia

    Film tentang kemerdekaan Indonesia tidak ada baru-baru ini saja, melainkan sudah sejak perfileman Indonesia eksisi. Bahkan untuk saat sekarang ini saja, mungkin sudah ada berpuluh-puluh film yang menceritakan tentang kemerdekaan Indonesia. Lalu apa sajakah film tersebut, berikut 20 rekomendasi film kemerdekaan.

    1. Janur Kuning (1979)

    Janur Kuning (1979)

    Ini merupakan film drama perjuangan Indonesia yang diproduksi pada Tahun 1979. Pemeran film ini ialah Kaharuddin Syah, Deddy Sutomo dan Sutopo H.S serta sutradaranya ialah alam Rangga Surawidjaja.

    Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup Presiden kedua Republik Indonesia yaitu bapak Soeharto. Pada film ini kamu bisa melihat bagaimana perjuangan dalam merebut kemerdekaan Indonesia serta suasana ketika pemerintahan Soeharto. Film ini juga mengangkat cerita tentang kota Yogyakarta yang Letkol Soeharto pimpin. Pada film ini beberapa tokoh perjuangan seperti Amir Murtono dan Jendral Sudirman juga turut tampil.

    Konon katanya judul film “Janur Kuning” ini inspirasinya ialah lambang yang para pejuang kenakan di lengan sebagai tanda Perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

    2. Merah Putih (2009)

    Merah Putih (2009)

    Film produksi tahun 2009 ini menampilkan beberapa aktor ternama seperti Lukman Sardi, Teuku Rifnu Wikana, Darius Sinathrya, dan Donny Alamsyah. Film ini menceritakan tentang sejarah perjuangan pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia. Setelah proklamasi Indonesia menggaung ke seluruh negeri, dua tahun setelahnya Belanda kembali menyerang Indonesia dan terjadilah perlawanan. Hal inilah yang film Merah Putih Coba ceritakan dalam alurnya.

    Pada film Merah Putih tahun 2009 ini juga digambarkan suasana perang yang terlihat begitu nyata. Bahkan jika penonton bisa menghayati film ini, seakan suasana perang yang tersajikan akan terasa begitu sangat nyata.

    3. Darah Garuda (2010)

    Darah Garuda (2010)

    Darah Garuda merupakan film lanjutan dari trilogi film Merah Putih yang rilis pada tahun 2010. Film ini juga menceritakan tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan latar waktu tahun 1947. Secara garis besar film ini menceritakan tentang peristiwa Agresi Militer Belanda 1 ke jantung pemerintahan Republik Indonesia di Pulau Jawa.

    Dalam film ini terdapat sekawanan kadet yang berjuang selamat dari pembantaian tentara Belanda dan menjalin persahabatan. Di perjalanan menyelamatkan diri tersebut mereka melakukan teknik perang gerilya. Ada banyak konflik yang mewarnai perjuangan mereka ini mulai dari perbedaan sifat, status sosial, etnis, budaya, bahkan Agama.

    Film ini sangat cocok orangtua perlihatkan kepada anak-anak muda agar mereka bisa memahami arti penting perbedaan.

    4. Sang Pencerah (2010)

    Sang Pencerah (2010)

    Film tentang kemerdekaan Indonesia besutan sutradara Kawakan Hanung Bramantyo yang menceritakan tentang kisah nyata perjuangan Kyai Haji Ahmad Dahlan. Ini juga merupakan salah satu film yang sangat cocok kamu saksikan untuk memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022 ini.

    Film ini menyajikan tentang kisah KH Ahmad Dahlan yang baru pulang dari Mekkah dan melihat warga kampung halamannya yang keliru melaksanakan ajaran agama. Setelah itu beliau berusaha membenarkan kembali ajaran yang salah tersebut. Dalam perjalanan membenarkan hal tersebut, KH Ahmad Dahlan berulang kali terlibat masalah dengan pihak Belanda yang penyebab rusaknya ajaran agama Islam.

    KH Ahmad Dahlan merupakan salah satu tokoh pendiri Muhammadiyah dan salah satu tokoh yang memperjuangkan Islam pada masa kemerdekaan. Film Sang Pencerah ini menampilkan beberapa faktor seperti Lukman Sardi, Yati Surachman, Giring Ganesha, Zaskia Adya Mecca, dan Sujiwo Tejo.

    5. Hati Merdeka (2011)

    Hati Merdeka (2011)

    Hati Merdeka merupakan film drama fiksi historis Indonesia yang rilis pada tahun 2011. Film ini merupakan rangkaian ketiga dari Trilogi Merdeka sebagai lanjutan dari film Darah Garuda.

    Film ini menceritakan tentang 4 Sekawan yang menjadi tokoh utama film sebelumnya yang sudah terpisah dan menjalani kehidupan masing-masing. Mulai dari tokoh Amir yang mengundurkan diri dari angkatan darat dan Thomas, Dayan dan Marius yang pergi ke Bali untuk membalaskan dendam kepada Belanda.

    Aktor yang memerankan tokoh dalam film ini sama dengan film Darah Garuda dengan beberapa tambahan. Aktor dari dewan ini ialah Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Teuku Rifnu Wikana, Rahayu Saraswati, Ranggani Puspandya, Astri Nurdin, Michael Bell, Nugie, dan Aldy Zulfikar.

    6. Soegija (2012)

    Soegija (2012)

    Film Soegija yang rilis pada tahun 2012 ini menceritakan tentang kisah-kisah kemanusiaan di masa perang kemerdekaan Bangsa Indonesia pada tahun 1940-1949. Pada film ini kamu akan melihat perjuangan Soegija yang kembali menyatukan kisah-kisah cinta keluarga besar kemanusiaan yang sudah terkoyak oleh kekerasan perang dan kematian.

    Soegija sendiri merupakan seorang Uskup pribumi pertama di gereja Katolik Indonesia. Dia mencoba berperan di semua tingkat baik politik lokal nasional bahkan internasional. Atas perannya tersebut Presiden Soekarno selaku presiden Indonesia kala itu memberikannya gelar pahlawan nasional.

    7. Habibie & Ainun (2012)

    Habibie & Ainun (2012)

    Film produksi MD Pictures ini sempat boling pada saat rilisnya pertama kali di tahun 2012. Film tentang kemerdekaan Indonesia yang berjudul Habibie & Ainun ini menceritakan tentang perjalanan cinta presiden ketiga Republik Indonesia.

    Dalam film ini akan tersajikan berbagai kisah romantisme antara Habibie dan Ainun mulai saat SMP di Bandung. Ainun yang awalnya sering Habibi ejek ternyata mampu meluluhkan hati Habibi. Kesan romantis dalam film ini juga semakin tergambarkan karena diperankan oleh aktor profesional Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari.

    8. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

    Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

    Ini merupakan film bertema kemerdekaan yang menampilkan kisah Presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno. Film ini sangat cocok kamu tonton menjelang HUT RI karena mengisahkan tentang Presiden pertama di Indonesia yaitu Ir Soekarno sejak kecil.

    Film ini dibintangi oleh Ario Bayu yang berperan sebagai Soekarno serta Lukman Sardi sebagai Muhammad Hatta. Pada film ini para penonton akan disuguhkan dengan pidato-pidato Bapak Soekarno yang penuh semangat. Hanung Bramantyo sebagai sutradara dari film ini juga menyisipkan alasan kenapa Kusno berganti nama menjadi Soekarno. Bahkan dalam film ini juga diceritakan secara detail peristiwa pengasingan Soekarno hingga detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

    9. Sang Kiai (2013)

    Sang Kiai (2013)

    Film tentang kemerdekaan Indonesia ini mengambil latar kisah di masa penjajahan Jepang pada tahun 1942. Cerita pada film ini tentang larangan Jepang untuk pengibaran bendera merah putih dan pemutaran lagu Indonesia Raya. Dirimu Jepang juga memaksa rakyat Indonesia untuk melakukan sekerei.

    KH Hasyim Asyari, tokoh utama dalam film tersebut menolak sekerei karena menyimpang dari aqidah agama Islam. Karena tindakannya itu Jepang menangkap KH Hasyim Asyari, namun salah satu santri menghimpun kekuatan untuk melakukan demo pembebasan kepada Jepang. Namun cara tersebut malah menambah korban yang berjatuhan.

    Film ini diperankan oleh beberapa aktor ternama seperti Ikranagara, Adipati Dolken, Bung Toni, Agus Kuncoro, Dimas Aditya, dan Christine Hakim.

    11. Jokowi (2013)

    Jokowi (2013)

    Film yang menceritakan kisah presiden ke-7 Indonesia ini juga bisa kamu jadikan sebagai tontonan saat merayakan kemerdekaan. Namanya yang menarik perhatian banyak orang yang membuat K2K Pictrures memproduksi film ini.

    Dalam film ini kamu akan di sajikan kisah masa kecil presiden ke-7 Indonesia bapak Jokowi dengan lika-liku kehidupannya. Cerita dalam film ini juga berlanjut ke dalam kisah cinta Jokowi dan Iriana, seorang gadis sederhana berparas ayu asal Solo.

    Aktor Teuku Rifnu Wikana mendapatkan kesempatan untuk memerankan karakter Jokowi dalam film ini dan Prisia Nasution berperan sebagaai Iriana.

    12. Jendral Soedirman (2015)

    Jendral Soedirman (2015)

    Film tentang kemerdekaan Indonesia selanjutnya yang bisa kamu saksikan dalam rangka menyambut HUT RI ke-77 ialah Jendral Soedirman. Ini merupakan film biografi pahlawan nasional Jendral Soedirman yang pemerannya Adipati Dolken.

    Film ini menceritakan tentang Jendral Soedirman yang jatuh sakit ketika melakukan penjalanan ke selatan untuk misi gerilya. Strategi perang yang mendunia ini dipimpin langsung oleh Jendral Soedirman yang berlangsung hingga 7 bulan. Akhir dari serangan gerilya ini, Belanda kehabisan logistik dan menandatangani perjanjian Roem-Royen

    Pada masa ini pulalah Belanda jatuh dan mengakui kedaulatan republik Indonesia seutuhnya

    13. Battle of Surabaya (2015)

    Battle of Surabaya (2015)

    Battle of Surabaya merupakan film kemerdekaan Indonesia yang berkonsep animasi. Film ini menceritakan secara detail pertempuran 10 November di Surabaya. Film Battle of Surabaya ini menceritakan tentang Musa seorang tukang semir sepatu yang ikut berperang. Dalam perang tersebut Musa bertugas sebagai kurir bagi arek-arek Suroboyo dan TKR.

    Walaupun tergolong sebagai kisah fiksi, namun film ini juga menggambarkan tentang perang sejarah yang di dalamnya terselip edukasi untuk anak-anak.

    14. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

    Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

    Film ini menceritakan tentang Oemar Said Tjokroaminoto yang tidak bisa diam melihat kondisi kemiskinan rakyat dan kesenjangan sosial selepas tanam paksa. Kisah pada film ini berlatar belakang ketika tanam paksa selesai dan awal mulai politik etis yaitu sekitar tahun 1900-an

    Pada film ini dikisahkan Oemar Said Tjokroaminoto yang berani meninggalkan status kebangsawanannya dan bekerja sebagai kuli pelabuhan. Dia berusaha keras membangun organisasi Sarekat Islam yang merupakan organisasi resmi Bumiputera pertama terbesar. Oemar Said Tjokroaminoto berjuang hingga organisasi ini bertumbuh mencapai dua juta anggota.

    Oemar Said Tjokroaminoto juga berjuang untuk menyamakan hak dan martabat masyarakat Bumiputera yang terjajah. Film ini diperankan oleh Reza Rahadian sebagai pemeran utama Oemar Said Tjokroaminoto.

    15. Kadet 1947 (2021)

    Kadet 1947 (2021)

    Ini adalah film terbaru tentang kemerdekaan yang rilis pada tahun 2021.Film ini menceritakan tentang peristiwa agresi militer Belanda 1 pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dalam film ini diceritakan sekelompok kadet dari sekolah penerbangan angkatan udara di Maguwo yang ikut serta menjaga Indonesia dari Belanda.

    Akan tetapi ambisi mereka tersebut terhalang oleh status mereka yang masih pelajar angkatan udara. Hal ini membuatnya tidak mendapatkan izin untuk membawa pesawat dan senjata. Akhirnya mereka menjalankan aksi nekat dengan meminta bantuan sersan udara Tardjo serta penembak udara Dul dan kapeot.

    Film ini tidak hanya menggambarkan tentang kisah perjuangan Indonesia saja, namun juga tentang tekad anak muda dalam memperjuangkan kemerdekaan. Dalam film ini tergambar jelas konflik persahabatan ketika mereka memiliki pendapat masing-masing.

    Itulah film tentang kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk merayakan HUT RI ke-77 pada tahun 2022 ini. Semoga rekomendasi film tersebut dapat meningkatkan jiwa patriotisme-mu dan semangat cinta tanah air.

    Post a Comment for "15 Film Tentang Kemerdekaan Indonesia yang Wajib Anda Tonton"